WARTA

Aswaja Festival sebagai Ajang Memperkuat Pertemanan Antar Santri Ponpes Durrotu Aswaja

Semarang, Setelah Grand Opening dan Semaan Akbar HAS XXXI berhasil dibuka, pagi ini (1/2) Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah (Durrotu Aswaja) melanjutkan rangkaian kegiatan Haflah Akhirissannah (HAS) yakni, Aswaja Festival (Asfes). Upacara pembukaan dipimpin sendiri oleh Pengasuh Pesantren, Kiai Agus Ramadhan, yang dilanjut dengan pelepasan dua ekor burung merpati sebagai tanda dimulainya Aswaja Festival.

Dalam sambutannya, Kiai Agus Ramadhan menjelaskan “Aswaja Festival berisi berbagai macam perlombaan, baik musabaqah lid-dakhili dan musabaqah lil-khoriji. Musabaqah lid-dakihili merupakan perlombaan yang dilaksanakan oleh antar santri Durrotu Aswaja sendiri. Sedangkan musabaqoh lil-khoriji merupakan perlombaan yang ditujukan untuk peserta dari luar.”

“Musabaqah ini bukanlah tujuan, melainkan sebuah alat untuk menjadikan kita semakin dekat dengan teman-teman, dan mengumpulkan orang-orang dari berbagai suku bangsa,” Imbuh pengasuh Durrotu Aswaja.

Dijelaskan oleh koordinator Aswaja Festival, Agus Prasetyo, “perlombaan untuk internal pondok ada  hafalan jurumiyyah dan imrithi, da’i, hadroh, LCC, kaligrafi, kebersihan kamar, dan beberapa olahraga seperti futsal, bulutangkis, dan tenis meja. Sedangkan perlombaan eksternal atau peserta dari luar diperuntukkan SD/MI/TPQ, yaitu; adzan iqomah, dai, dan tartil.”

Dalam pelaksanaannya, Aswaja Festival dilaksanakan dalam tujuh hari kedepan hingga tanggal 7 Februari 2021. Untuk pelaksaanan lomba eksternal akan dilakukan secara daring guna mengikuti aturan pemerintah yang juga sudah menjadi kenormalan baru. Agus Prasetyo memaparkan “Teknis perlombaan daring untuk perlombaan eksternal. Bahwa peserta yang sudah mendaftar diwajibkan mengirimkan video lomba ke pranala yang sudah disediakan panitia, dan kemudian diunggah oleh panitia pada youtube Durrotu Aswaja, agar orang awam tahu dan mulai mengenal Ponpes Durrotu Aswaja melalui youtube.”

 “Semoga dari awal pembukaan tadi hingga akhir malam penganugerahan berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi orang yang terlibat didalmanya, karena Aswaja Festival ini juga cakupannya nasional”, pungkas Agus Prasetyo dalam wawancara.

Penulis : Muhammad Fikri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *