Esai

BAGAIMANA SEYOGYANYA ADAB SEORANG MURID?

Mencari ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap umat islam dari dalam buaian sampai liang lahat. Hal ini menunjukkan bahwa kewajiban umat islam dalam mencari ilmu tidak mempunyai batas waktu, selama kita masih hidup maka kita wajib mencari ilmu.
Dalam mencari ilmu, terdapat adab-adab yang harus diperhatikan oleh seorang murid. Adapun adab-adab tersebut yaitu, adab kepada dirinya sendiri, adab kepada gurunya dan adab kepada temannya .

Pertama, adab pada dirinya sendiri, diantaranya seorang murid tidak boleh ‘ujub, harus bersikap tawadhu’, serta berkata jujur supaya ia menjadi orang yang dicintai dan dipercaya. Kemudian dalam berjalan hendaknya tenang, menundukkan pandangannya pada hal-hal yang haram untuk dilihat, dan hendaknya ia dapat dipercaya atas ilmu yang telah diperolehnya sehingga ia tidak menjawab suatu masalah dengan selain yang ia ketahui.

Kedua, adab kepada guru, diantaranya seorang murid seyogyanya meyakini bahwasanya keutamaan seorang guru lebih besar dari keutamaan kedua orang tua, karena seorang guru merupakan murobbi al-ruh nya. Kemudian seorang murid harus merendahkan diri (menunduk) ketika di depannya dan ketika dalam majlis ilmunya hendaknya duduk dengan etika yang baik, memperhatikan ucapannya dan tidak bergurau. Dan masih dalam adab kepada guru ialah tidak memuji orang alim lain dihadapan gurunya, dikhawatirkan Sang Guru memahami bahwasanya murid sedang mencelanya, serta tidak sungkan bertanya sesuatu yang tidak ia ketahui.

Adapun etika kepada teman, diantaranya seorang murid hendaknya memuliakan temannya, tidak mengejek atau menghinanya, tidak sombong terhadap temannya, dan tidak mencibir karena lambat pemahamannya, serta tidak merasa senang ketika temannya dimarahi oleh gurunya karena hal tersebut merupakan sebab-sebab permusuhan.

Demikian diantara adab-adab yang seyogyanya dimiliki oleh seorang murid atau santri dalam mencari ilmu atau belajar, semoga kita dapat mengamalkannya sehingga dapat memudahkan kita dalam mencari ilmu (belajar) dan mendapat ilmu yang manfaat dan barokah. آمين

والله أعلم بالصواب
المرجع كتاب تيسير الخلاق
تأليف الشيخ العالم العلامة حافظ حسن السعودي
من علماء الأزهر الشريف

Oleh : Hendi Irawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *