Uncategorized

Hukum Memakan Makanan yang Telah Diletakkan di Tempat Umum

See the source image
sumber : Lentho Jajan Pasar – Bing

SEMARANG- Acara muwafiq menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu oleh santri PPDA. muwafiq merupakan acara yang diadakan untuk memecahkan masalah atau musyawarah fiqih. minggu ini (25/08/2021) pertanyaan diusulkan oleh Azizah (18) kamar Annafi, dimana definisi permasalahan yang diajukan adalah sebagai berikut.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, mengenai makanan atau barang yang di halal kan. Seperti barang yang telah di tempatkan di tempat umum hukumnya halal, atau pun makanan yang telah di tempatkan di tempat umum(tengah ruang kamar) dan sudah ada ijab halal.

Adapun pertanyaan yang diajukan adalah

  • A. Berdasarkan ijab di atas bolehkah di adakan ijab seperti itu?
  • B. Bagaimana hukum makanan yang telah dihalalkan?

hasil akhir dari musyawarah ini ialah diperbolehkan/sah memakan makanan yang telah ditempatkan di tempat umum, karena semua akad itu sah jika sudah memenuhi syarat akad. adapun akad yang telah dilakukan tersebut termasuk hibah. adapun ma’hodnya sebagai berikut

Pada dasarnya hukum sebuah makanan ialah halal jika sudah sesuai dengan situasi, kondisi dan tempat, serta sudah diridloi oleh pemiliknya. Adapun barang yang halal itu ada 2 sebab:

-Halal binafsihi

-Barang halal karena diridloi pemiliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *