KH. M. Ulil Albab Arwani saat menyampaikan materi
WARTA

Tingkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an, PPDA Gelar Diklat Yanbu’a

SEMARANG – Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah Waljamaah (PPDA) gelar diklat atau pelatihan ‘Cara Baca Tulis dan Menghafal Al-Quran dengan Metode Yanbu’a pada Ahad (21/11/21). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an para santri.

 

Hal tersebut disampaikan Kiai Agus Ramadan, pengasuh PPDA dalam sambutannya. Beliau menuturkan bahwa meskipun para santri sudah pernah mondok sebelumnya, namun ketika disimak ternyata bacaannya masih banyak yang belum jelas.

 

“Saya banyak menjumpai santri yang sudah mondok dimana-mana, namun bacaan Al-Qur’annya belum jelas. Ini yang melatarbelakangi kami tiap tahun mengadakan diklat,” jelasnya.

 

Kiai Agus Ramadan juga menambahkan bahwa acara kali ini merupakan diklat yang ke-4 Pondok Pesantren Durrotu Aswaja.

 

“Meskipun pelatihan ini hanya berlangsung selama 5-6 jam, namun diakhir acara para peserta akan diberi sanad bacaan Al-Qur’an,” ujar Kiai Agus.

 

 Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Ahmad Anwar Fuadhi menjelaskan pelatihan ini diikuti oleh 153 peserta. Peserta tersebut berasal dari kalangan santri dan masyarakat umum.

 

“Jumlah peserta putra sebanyak 55 orang, sedangkan peserta putri sebanyak 98 orang,” terangnya.

 

Materi pelatihan ini disampaikan oleh pengasuh Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus, KH. M. Ulil Albab Arwani dan Gus Ahmad Nasikh  Said Machin serta dimoderatori oleh Hendi Irawan.

 

KH. M. Ulil Albab Arwani menjelaskan bahwa Al-Qur’an merupakan kitab yang paling utama dan mukjizat Nabi yang paling Agung.

 

“Al-Qur’an adalah mukjizat yang agung harus kita nikmati, pelajari, dan amalkan,” ujar KH. M. Ulil Albab Arwani

Beliau juga menerangkan bahwa Al-Quran adalah kitab yang abadi sampai hari kiamat.

“Mumpung belum dicabut nikmat Allah, mari kita nikmati, dan pelajari Al-Qur’an,” tuturnya. (FA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *