WARTA

Sebagai Bentuk Istiqomah, PP Durrotu Aswaja Kembali Gelar Diklat Yanbu’a

Pondok Pesantren (Ponpes) Durrotu Ahlusunnah Wal Jamaah (Durrotu Aswaja) Banaran, Gunungpati, Kota Semarang kembali menggelar pelatihan, pendidikan cara baca tulis dan menghafal qur’an dengan metode Yanbu’a. Acara yang diselenggerkan pada tanggal 21 November 2021 ini diikuti sebanyak 150 lebih peserta, terdiri dari para santri Ponpes Durrotu Aswaja dan juga muqri’ dari berbagai daerah Se – Kota Semarang dan Sekitarnya.

Kyai Agus Ramadhan, selaku pengasuh Ponpes Durrotu Aswaja dalam sambutanya menyampaikan bahwa acara ini sudah memasuki tahun keempet ponpes durrotu aswaja melaksanakan diklat Yanbua. Beliau menambahkan bahwa ini merupakan ikhtiar sebagai bentuk istiqomah dalam mencetak para santri dan muqri’ di sekitar ponpes untuk siap dan matang dalam mengajarkan serta mengamalkan ilmu alquran, terutama cara baca tulis dan menghafal metode Yanbu’a ini.

Beliau juga menuturkan ponpesnya sendiri sudah mempunyai TPQ – TPQ Binaan di sekitar yang langsung di ajar oleh para santrinya. Maka dari itulah acara diklat ini sangat penting bagi ponpesnya dan diusahakan istiqomah dilaksanakan setiap tahun ila yaumil qiyamah.

Kemudian seperti yang lalu- lalu, KH. M. Ulil Albab Arwani selaku pemateri dalam diklat, mengingatkan kitab suci Al Quran merupakan kitab yang paling utama dari kitab – kitab lain, jadi apapun yang berhubungan dengan Al -qur’an maka akan menjadi sesuatu yang paling utama termasuk mempelajari dan mengajarkanya.

Sebagai ketua panitia, Ahmad Anwar Fuadhi merasa senang dan bangga tahun ini dirinya menjadi bagian dari keistiqomahan ponpesnya dalam menyelenggarakan acara ini. Selain itu dia juga menambahkan “pada tahun ini alhamdulillah acara menjadi semakin mewah dan nyaman terutama mengenai sarana dan prasarana seperti kursi khusus penonton, panggung, dekorasi, sampai adanya kamera HD sebagai alat untuk menyiarkan acara di kanal youtube ponpes durrotu aswaja dimana semua itu belum ada pada tahun – tahun yang lalu.”

Kontributor : Arfian Faqih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *