WARTA

Melalui Abas, Durrotu Aswaja Siap Bangun Generasi

Durrotuaswaja.net – ABAS (Amal Bakti Santri) merupakan program tahunan yang diadakan oleh PonPes Durrotu Aswaja (PPDA) Banaran, Gunungpati, Semarang.

Program ini ditujukan untuk santri kelas niha’i (kelas akhir) dan semester akhir.

Melalui progam ini, para santri disebar di berbagai daerah, seperti Kradenan lama, Selorejo, Kradenan Baru, Persen Bawah, Trangkil, Citra Gading, Setono, Kalisegoro, dan Sekaran. Dan untuk pertama kalinya, Abas dilaksanakan diluar kecamatan Gunungpati, tepatnya pada posko Selorejo dan Kradenan Baru yang berlokasi di kecamatan Gajahmungkur.

Hal tersebut bertujuan agar para peserta dapat mengabdikan dirinya dalam kehidupan bersama masyarakat dan mengamalkan ilmu yang mereka dapatkan di pondok.

Tahun ini merupakan periode ke-5 program Abas dijalankan. Sebagai bentuk peresmian, PPDA menyelenggarakan Penerjunan pertama periode V ini di Masjid At-Taubah, Dukuh Selorejo, Kelurahan Bendan Duwur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, (5 Juli 2022).

Pengasuh PPDA, Kiai Agus Ramadhan berharap melalui program ini, para santri dapat membantu anak-anak sekitar lebih memahami ilmu agama dan dapat membaca Alquran dengan baik dan benar.

“Program ini ditujukan untuk membenahi para anak-anak dalam mengaji dan memahami agama, karena ketika anak pandai mengaji dan paham ilmu agama, insya Allah orang tuanya juga mempunyai semangat mengaji lagi,” ujar Kiai Agus Ramadan dalam sambutan pembukaan Abas.

Hal tersebut sejalan dengan tema abas periode V tahun ini “Santri Mengabdi, Membangun Generasi”.

Ketua Abas, Izkinal Athar berharap melalui program ini, selain memegang anak-anak, juga dapat membenahi kebiasaan yang sebelumnya tidak sesuai dengan amalan Ahlussunnah waljama’ah.

Kontributor: Muhammad Fikri

Editor: Fitratul A’yuniyyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.