WARTA

Pengasuh Pondok Pesantren Durrotu Aswaja, Ajak Teladani Kisah Nabi Ibrahim

Durrotuaswaja.net – Pengasuh Pondok Pesantren Durrotu Aswaja, Kiai Agus Ramadan mengajak para santri untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim.

Di zaman sekarang ini, sudah jarang adanya peringatan Idul Qurban.

Sebenarnya, tujuan peringatan Idul Qurban ialah untuk meneladani sifat dermawan Nabi Ibrahim.

Hal tersebut disampaikan Kiai Agus Ramadan dalam mauidzoh hasanah pengajian qurban Ponpes Durrotu Aswaja, Ahad (10/7).

“Dalam Alquran surah Al Kautsar ayat 3, Allah memerintahkan manusia untuk melaksanakan sholat dan berkurban,” ujar Kiai Agus Ramadan.

Kiai Agus Ramadan juga menyampaikan bahwa ibadah qurban ini mengajarkan kita tentang banyak hal, salah satunya adalah terkait sifat dermawan.

“Nabi Ibrahim sebelum diperintahkan berkurban, beliau sering menyembelih ribuan unta dan sapi, sehingga banyak yang heran dengan kedermawanan beliau,” lanjut Kiai Agus Ramadan.

Pengasuh Ponpes Durrotu Aswaja ini juga menegaskan bahwa dalam ibadah qurban sejatinya yang diterima oleh Allah bukanlah qurbannya, melainkan ketaqwaannya.

Kiai Agus Ramadan juga berharap, semoga peringatan Idul Adha ini dapat meningkatkan semangat santri untuk menjadi ahli shodaqoh.

Adapun peringatan Idul Adha di Pondok Pesantren Durrotu Aswaja meliputi lomba-lomba, sholat Idul Adha, Penyembelihan hewan kurban, dan juga pengajian qurban.

Pengajian qurban sendiri merupakan puncak acara peringatan Hari Raya Idul Adha di Ponpes Durrotu Aswaja.

Sebelumnya, Ponpes Durrotu Aswaja juga mengadakan berbagai lomba seperti lomba nasyid, lomba perkusi, dan juga lomba pembuatan video yang bertema kurban.

Selain itu, para santri juga melaksanakan sholat id berjamaah dan dilanjutkan dengan proses penyembelihan hewan qurban yang terdiri dari 2 sapi dan 14 kambing.

Terselenggaranya rangkaian acara peringatan idul adha ini merupakan sarana bagi santri untuk melatih diri dalam beribadah qurban dan meneladani hakikat qurban itu sendiri.

Oleh : Nazilatul Ikrimah
Editor : Fitratul A’yuniyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.