WARTA

Ponpes Durrotu Aswaja Kembali Kedatangan Tamu Agung Habib Muhammad bin Husein bin Abubakar bin Salim dari Yaman

durrotuaswaja.net, Semarang – Senin, 15 Agustus 2022 Pondok Pesantren Durrotu Aswaja kembali menggelar Kuliah Umum Kepondokan yang mana kali ini di hadiri oleh Ad-Da’i Ilallah As-Sayyid Al-Habib Dr. Muhammad bin Husein bin Syeikh Abubakar bin Salim dari tanah Al-Baidho’,Yaman. Turut hadir juga Habib Hasan bin Abdurrahman Al-Jufri Semarang, dan Habib Syarief bin Ahmad Al-Hamid Jepara. 

Kuliah Umum Kepondokan merupakan agenda rutin yang sering dilaksanakan di Ponpes Durrotu Aswaja, acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan bagi seluruh santri, dan berbagai masyarakat sekitar. Pada acara kali ini dihadiri oleh berbagai Habaib, Pengurus NU, Civitas Akademik UNNES, Warga sekitar, dan berbagai macam tamu undangan.

“Ponpes Durrotu Aswaja selalu bisa mendatangkan tokoh tokoh agama besar. Pada kali ini kita di hadiri oleh Habaib dari Yaman, seorang alim ulama yang terus menyebarkan dakwah islam, dan ini kesempatan kita untuk mengambil ilmu dari beliau sekaligus bersilaturahim dengan para ahlun nabi, para habaib, dan semoga kita selalu mendapatakan keberkahannya” ujar beliau Romo Kiai Agus Ramadhan.

Bapak Rektor Universitas Negeri Semarang juga turut hadir yang mana pada kesempatan kali ini diwakili oleh Bapak H. Baidlowi, S.Ag.,M.Ag. Beliau menyampaikan pesan dari Bapak Rektor “Bahwa Pondok Pesantren Durrotu Aswaja merupakan Pondok yang terus eksis di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Pondok ini memiliki oase tersendiri untuk melahirkan santri-santri ilmiah yang integratif ditengah tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi global” 

Pada kesempatan kali ini beliau Ad-Da’i Ilallah As-Sayyid Al-Habib Dr. Muhammad bin Husein bin Syeikh Abubakar bin Salim memberikan mauidloh hasanah yang mana dilanjut oleh terjemah kedalam bahasa Indonesia oleh beliau Al-Habib Hasan bin Abdurrahman Al-Jufri. Diawal mauidloh beliau memberikan ijazah hadist musalsal bil awwaliyyah, yang mana hadist ini beliau dapatkan ijazah  dari guru-gurunya sampai ke Sofyan bin Uyainah, seorang ahli hadist ahlissunnah yang berasal dari Makkah.

Beliau sangat bahagia bisa hadir di Pondok Pesantren Durrotu Aswaja ini, pondok ini merupakan pondok yang berpaham Ahlissunnah Waljamaah, tentunya thariqah kita semua adalah Ahlissunnah yang mana kita belajar dari guru, guru dari guru, sampai kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Beliau mendoakan semoga Pondok ini menjadi tempat cahaya mencari ilmu, tempat yang di ridloi Allah, dan semoga guru kita Romo Kiai Agus Ramadhan selalu diberi kesehatan, umur panjang, dan terus membimbing kita dalam menuntut ilmu.

“Pentingnya mencari ilmu bagi kita semua, ilmu itu bagaikan cahaya maka bersungguh sungguhlah kita dalam mencari cahaya, setelah kita mendapatkan cahaya tersebut, maka berikanlah cahaya itu untuk menerangi sekitar, itulah perumpaan ilmu yang bisa memberikan manfaat kepada semuanya”.

“Salah satu ulama Indonesia yang saya kagumi adalah Imam Nawawi, bagimana kesungguhan beliau dalam mencari ilmu, hari demi hari beliau habiskan untuk mendapatkan ilmu. Imam Nawawi sangat ikhlas dan sabar dalam mencari ilmu, beliau juga banyak mengarang kitab yang sangat masyhur, sampai sampai beliau tidak menikah karena sibuk bergulat dengan ilmu”

Ad-Da’i Ilallah As-Sayyid Al-Habib Dr. Muhammad bin Husein bin Syeikh Abubakar bin Salim menyampaikan arti pentingnya ilmu bagi kita semua, dan mengajak kita semua agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, dan kita juga harus mengamalkan ilmu yang kita miliki. Semoga kita semua termasuk dalam golongan yang ahlul ilmi, dan mendapat keridloan Allah SWT dalam memperdalam ilmu.

Nabil MakarimSantri Durrotu Aswaja yang juga mahasiswa jurusan Manajemen UNNES 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.