WARTA

Peringati HUT RI, ABAS Kalisegoro Adakan Lomba Ala Santri

durrotuaswaja.net, Semarang – Lebih dari 100 santri TPQ Al-Fatah Kalisegoro turut memeriahkan Hari Ulang Tabun ke-77 Republik Indonesia. Berbeda dengan lomba-lomba kemerdekaan pada umumnya, kelompok ABAS (Amal Bakti Santri) Kelurahan Kalisegoro, Kecaoamatan Gunungpati, Kota Semarang mengadakan perlombaan dengan nuansa santri. Ada 5 cabang yang dilombakan diantaranya; lomba mewarnai kaligrafi, hafalan doa harian, hafalan surat pendek, membaca tartil, dan lomba adzan. Para santri pun nampak sangat antusias mengikuti lomba. “Us, aku gak bisa adzan. Tapi tetep mau ikut lomba adzan. Gapapa kan? “ tanya seorang santri putra dengan bersemangat.

“Lomba yang diadakan bukan sekadar untuk seru-seruan saja, tetapi juga untuk melatih anak-anak fastabiqul khoirot” Ujar Mbak Ela, koordinator ABAS Kalisegoro.

Selain itu, lomba ini juga bisa dijadikan bahan evaluasi pembelajaran untuk para pengajar TPQ Al-Fatah Kalisegoro. Sebab, lomba yang diadakan sebagian besar diambil dari apa yang diajarkan selama kegiatan TPQ berlangsung.

Adapun lomba adzan diadakan untuk mengetahui kemampuan santri putra dalam bidang tersebut. Meskipun sempat diragukan, namun akhirnya lomba adzan tetap digelar.

“Gapapa, biar kita (pengajar) tahu siapa yang bisa adzan dan siapa yang belum. Kalo ada yang belum hafal lafadz adzan, biar jadi hafal” Ustadzah Saras menambahkan.

Suasana lomba TPQ Al-Fatah menyambut Kemerdekaan RI

Lomba yang digelar menghadirkan juri-juri yang berkompeten dalam bidangnya. Sebanyak 6 santri berprestasi dari Pondok Pesantren Durrotu Aswaja dan 4 pengajar TPQ  Al-Fatah Kalisegoro dihadirkan untuk memilih 3 pemenang pada masing-masing cabang lomba. Adapun nama-nama santri TPQ yang berhasil merebut juara antara lain:

Cabang LombaJuara 1Juara 2Juara 3
AdzanKafaHaikalAlseo
Mewarnai KaligrafiAndrea AsiaIsna Riang AlvitaHayfa
Hafalan Doa HarianAlana SafiyaaDian BerlinMayola Salmaituka
Hafalan Surat PendekKenzieNanaAlisa
Membaca Tartil KafaKaylaAniisaa

“Santri yang mendapatkan juara kami undang dalam acara penutupan ABAS Kalisegoro” tutur Mbak Ela.

Penutupan ABAS kelompok 3 mbake ini digelar pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Acara tersebut dihadiri oleh masyarakat Kalisegoro khususnya RW 02, takmir Masjid Baitul Muttaqin, santri TPQ Al-Fatah dan semua pihak yang ikut serta membantu dan menyukseskan ABAS Kalisegoro yang tidak kurang dari 40 hari lamanya.

Di sela-sela sambutannya bapak Jayusman selaku ketua takmir Masjid Baitul Muttaqin juga tak lupa membalas rasa terima kasih para santri Abas yang selama satu bulan lebih telah merepoti pengurus dan jama’ah masjid. Beliau berharap ada santri Abas yang mau mengabdi dan berdakwah di masjidnya lebih lama lagi. “Syukur-syukur ada yang kerasan disini”.

Sebelum masuk pada acara inti, para pemenang lomba dipersilakan maju di hadapan para hadirin untuk menerima hadiah. Anak-anak terlihat sangat gembira menerimanya.

“Dengan adanya perlombaan ini, semoga adik-adik TPQ semakin semangat belajar dan ngajinya.” Pungkas Mbak Atiq selaku pembawa acara pada penutupan tersebut.

ABAS Periode ke-V Kalisegoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.