PAUD Tahfidzul Qur’an Permata Bunda

PAUD Tahfidzul Qur’an Permata Bunda merupakan salah satu unit pendidikan Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah Gunungpati, Semarang. lokasi PAUD ini terletak di Jalan Margasatwa, Gang Nakula No.10 RT 08/RW 05 Banaran, Sekaran, Gunungpati, Semarang. Tujuan didirikan unit lembaga ini adalah sebagai bentuk ikut serta dalam mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

PAUD Tahfidzul Qur’an Permata Bunda memiliki visi “Mewujudkan insan penghafal Al-Qur’an yang cerdas, kreatif, berkarakter konservasi dan berwawasan kebangsaan” serta memiliki misi “Menyelenggarakan sistem pendidikan yang mewujudkan insan penghafal Al-Qur’an, Mengembangkan tumbuh minat dan bakat kreatifitas peserta didik, dan Menanamkan ilmu agama sesuai tuntutan zaman”.

Dewasa ini, banyak orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, PAUD Tahfidzul Qur’an Permata Bunda hadir di tengah masyarakat sebagai wadah pendidikan dan pembinaan anak usia dini dalam menghafal Al-Qur’an. Selain itu, Paud Tahfidzul Qur’an Permata Bunda juga menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, toleransi, akhlaqul karimah dan cinta tanah air. Peserta didik diasuh oleh guru-guru yang berkompeten, berkualifikasi S1 PG PAUD, dan santri tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah.

PAUD Tahfidzul Qur’an Permata Bunda terdiri dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB) yang masing-masing terbagi menjadi 2 kelas yakni kelas A (anak usia 2-3 tahun) dan kelas B (anak usia 3-5 tahun). PAUD Tahfidzul Qur’an Permata Bunda juga memiliki fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar dan bermain anak-anak diantaranya yaitu terdapat ruang kelas, wahana bermain anak, alat bermain in door, alat bermain out door, pojok baca dan ruang tidur.

Dalam kegiatan pembelajaran, PAUD Tahfidzul Qur’an Permata Bunda menerapkan kurikulum 2013 dengan model sentra. Pembelajaran dengan model sentra dipandang sebagai upaya stimulasi tumbuh kembang anak. Melalui model ini, anak diberi kesempatan mengembangkan ide gagasannya untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangannya yang mencakup aspek kognitif, afektif dan sosial.