Pesantren Mahasiswa

Pesantren mahasiswa merupakan lembaga pendidikan Islam dengan sistem pesantren yang santrinya terdiri atas para mahasiswa. Adanya pesantren mahasiswa ini ditopang oleh kebutuhan akan kualitas individu sebagai santri serta mahasiswa, terutama mereka yang ingin mengenyam pendidikan formal serta pendidikan agama sekaligus. Keseimbangan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama sangat dibutuhkan untuk memperoleh bekal dunia akhirat.

Pondok Pesantren Durrotu Aswaja merupakan salah satu pesantren di Semarang yang membuka unit pendidikan pesantren mahasiswa. Apalagi letaknya yang cukup strategis dekat dengan kampus, terkhusus kampus UNNES Sekaran. Oleh karena itu, pesantren ini merupakan salah satu pesantren favorit mahasiswa untuk belajar mengaji. Terbukti sampai saat ini ada sekitar 500 santri yang notabennya adalah seorang mahasiswa, dan 97% diantaranya ialah mahasiswa UNNES.

Metode belajar yang digunakan adalah sistem ngaji bandongan dan madrasah diniyyah (madin). Ngaji bandongan dilaksanakan setelah sholat Subuh dan Ashar, sedangkan madrasah diniyyah (madin) dilaksanakan setelah sholat isya.