Tahfidzul Qur’an Putra Putri

Program Tahfidzul Qur’an adalah program khusus bagi santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah yang ingin menghafal Al-Qur’an dan mendalami ‘Ulumul Qur’an. Program ini diampu oleh Ibu Nyai Dzirwatul Mudzakiyyah yang merupakan istri K. Agus Ramadhan. Program ini memliki beberapa kegiatan wajib, antara lain: setoran hafalan, muroja’ah berpasangan,sima’an ngaji ilmu Al-Qur’an dan sebagainya.

Untuk teknis kegiatannya, setiap pagi setelah bandongan dan setelah jama’ah maghrib dilaksanakan setoran dan muroja’ah hafalan kepada Bu Nyai dan dibantu para santri yang lebih senior. sedangkan untuk sima’an dilaksanakan setiap Ahad pagi. Dan untuk khataman bersama dilakukan setiap Ahad Kliwon sore di Maqbaroh pendiri ponpes Durrotu Aswaja, Abah Yai Masrochan.

Selain itu, untuk menunjang pengetahuan para santri mengenai bacaan Al-Qur’an, setiap sabtu pagi diadakan pengajian kitab “Risalatul Quro Wal Khufadz” karangan KH. Abdullah Umar bin Baidhowi Kudus. pegajian tersebut diampu oleh Bu Nyai Dzirwatul Mudzakiyyah.

Dengan kegiatan tersebut santri tahfidzul Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah diharapkan dapat menghafal Al-Qur’an dengan bacaan yang baik dan benar, utamanya dapat menjaga Al-Qur’an dengan dapat mengamalkan dan mengajarkan ilmu-ilmu Al-Quran kepada masyarakat Islam secara luas.